- Details
- Super User
- Blog
- Hits: 1497
Pedoman Tata Krama dan Tata Tertib sekolah adalah merupakan seperangkat peraturan yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh siswa, serta dimaksudkan sebagai rambu-rambu bagi siswa dalam bersikap, berucap, bertindak dan melaksanakan kegiatan sehari-hari di sekolah.
Setiap siswa wajib melaksanakan ketentuan yang tercantum dalam Tata Krama dan Tata Tertib Sekolah ini secara konsekuen dan penuh kesadaran.
Tujuan adanya tata tertib siswa:
1. Mengatur kehidupan siswa sehari-hari di sekolah.
2. Menjaga proses Kegiatan Belajar Mengajar supaya dapat berjalan dengan baik.
3. Mengatur serta membiasakan sikap, perilaku, dan kehidupan sosial siswa.
4. Meningkatkan pembinaan siswa dalam menunjang Wawasan Wiyata Mandala.
Materi Tata tertib Siswa dapat didownload di:
- Details
- Super User
- Blog
- Hits: 2419
TUJUAN TATA KRAMA SISWA
Tujuan diberikan tata krama, khususnya tata krama pergaulan kepada siswa SMP, antara lain adalah agar:
- Siswa mengenal beberapa tata tertib dan tata krama yang berlaku dalam kehidupan keluarga, sekolah dan masyarakat.
- Siswa menyadari perlunya melaksanakan tata tertib dan tata krama tersebut dalam pergaulan antara siswa dan siswa, siswa dan guru, siswa dan orang tua siswa, serta siswa dan anggoa masyarakat lain yang lebih luas.
- Siswa terbiasa melaksanakan tata tertib dan tata krama tersebut dengan kepatuhan dan ketaatan atas kesadaran sendiri, bukan didorong oleh adanya sanksi.
MATERI TATA KRAMA SISWA
Tujuan : Setelah menerima materi ini, diharapkan siswa dapat memahami tata krama di lingkungan sekolah dan memahami isi tata krama siswa SMP Negeri 5 Trenggalek.
Materi lengkap dapat didownload melalui tautan:
- Details
- Super User
- Blog
- Hits: 1813
- Struktur Kurikulum
Sesuai dengan Permendikbud RI No. 35 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama, SMP Negeri 5 Trenggalek pada tahun pelajaran 2020/2021 menggunakan KURIKULUM 2013, dengan menggunakan kurikulum sebagai berikut:
|
Komponen |
Kelas & Alokasi Waktu |
||
|
VII |
VIII |
IX |
|
|
Kelompok A |
|||
|
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
3 |
|
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
3 |
3 |
3 |
|
3. Bahasa Indonesia |
6 |
6 |
6 |
|
4. Matematika |
5 |
5 |
5 |
|
5. Ilmu Pengetahuan Alam |
5 |
5 |
5 |
|
6. Ilmu Pengetahuan Sosial |
4 |
4 |
4 |
|
7. Bahasa Inggris |
4 |
4 |
4 |
|
Kelompok B 1.Seni Budaya |
3 |
3 |
3 |
|
2.Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan |
3 |
3 |
3 |
|
3. Prakarya |
2 |
2 |
2 |
|
Muatan Lokal 1. Bahasa Jawa |
2 |
2 |
2 |
|
Pengembangan Diri |
|||
|
1. Bimbingan dan Konseling 2.Ekstrakurikuler **): 2.1 Pramuka 2.2 Olah raga 2.2.1 Bola Basket 2.2.2 Bola Voli 2.2.3 Sepak Takraw 2.2.4 Futsal 2.3 Kesenian 2.3.1 Seni Tari 2.3.2 Seni Musik 2.3.3 Seni Lukis 2.3.4 Drumband 2.3.5 Mode 2.3.6 Seni Hadrah 2.3.7 Karawitan 2.4 Pendukung Akademik 2.4.1 Klub Percakapan Bahasa Inggris (ECC) 2.4.2 Baca Tulis Alqur'an 2.4.3 Ekonomi, Geografi, Sejarah (EGS) 2.4.4 Maju Bersama Matematika (MBM) 2.4.5 Sains .4.6 Mading 2,5 PMR 2,6 PKS 2.7. Keterampilan 2.7. 1. Keterampilan Otomatif 2.7.2. Keterampilan Kriya 2.7.3. Keterampilan Tata Boga 2.7.4. Keterampilan Tata Boga
|
|
|
|
|
Jumlah |
40 |
40 |
40 |
- Jumlah Peserta didik
|
Kelas |
Jumlah Rombel |
Jumlah Siswa |
||
|
Laki-Laki |
Perempuan |
Jumlah |
||
|
IX |
8 |
149 |
86 |
235 |
|
VIII |
8 |
155 |
98 |
253 |
|
VII |
7 |
136 |
88 |
224 |
|
Jumlah |
23 |
440 |
272 |
712 |
- Jumlah Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Jumlah tenaga pendidik (Guru) adalah 49 orang , Karyawan sebayak 12.
Guru - Guru Pengampu Mata Pelajaran di Kelas VII
|
Tidak. |
Mata Pelajaran |
Nama Guru
|
Keterangan |
|
1. |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
Dwi Irirrianti, S.Pd |
Kelas 7A-G |
|
2 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Sutarji, S.Pd. |
Kelas 7A-G |
|
3 |
Bahasa Indonesia |
Winartin, S.Pd. |
Kelas 7 AD |
|
Nurhikmahwati, S.Pd |
Kelas 7 EG |
||
|
4 |
Matematika |
Drs.SUCIPTO |
Kelas 7 EG |
|
Dewi Muslihah, S.Pd. |
Kelas 7 AB |
||
|
Karini, S. Pd. |
CD Kelas 7 |
||
|
5 |
Ilmu Pengetahuan Alam |
Sugeng Riyanto, S.Pd. |
Kelas 7 FG |
|
Dyah Sabekti, S.Pd. |
Kelas 7 AE |
||
|
6 |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
A. Endang Widayati, S.Pd. |
Kelas 7 E- G |
|
Supriyanto, S.Pd |
Kelas 7 AD |
||
|
7 |
Bahasa Inggris |
Siti Komariyah, S.Pd. |
Kelas 7 E- G |
|
Suprapti, S.Pd. |
Kelas 7A-D |
||
|
8 |
Seni Budaya |
Anggraini, S.Pd. |
Kelas 7A-D |
|
Dhanada Ilham S, S.Pd |
Kelas 7E- G |
||
|
9 |
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan |
Heris Mandana, S.Pd |
Kelas 7A-G |
|
10 |
Prakarya |
Cipto Utomo, S.Pd. |
Kelas 7A-D |
|
Katmiati |
Kelas 7 EG |
||
|
11 |
Bahasa Jawa |
Mistri Utami, S.Pd |
Kelas 7A-G |
|
12 |
Bimbingan Konseling (BK) |
Mattobi'i, S.Pd. |
Kelas 7 AE |
|
Dra.Endah Yuharmiati. |
Kelas FG |
||
|
13 |
Pendidikan Agama Kristen Protestan |
Mimin Sukristiana, S.Th. |
|
|
14 |
Pendidikan Agama Kristen Katholik |
M. Ida Rosali, S. Th. |
- Wali kelas VII
|
PEMBAGIAN TUGAS GURU SEBAGAI WALI KELAS |
|||
|
SEMESTER GANJIL |
|||
|
TAHUN PELAJARAN 2020/2021 |
|||
|
TIDAK |
NAMA / NIP |
GOL / RUANG |
WALI KELAS |
|
1 |
SUTARJI, S.Pd |
IV / b |
VII A |
|
19610901 198302 1 003 |
|||
|
2 |
DYAH SABEKTI, S.Pd. |
IV / a |
VII B |
|
19690524 199703 2 008 |
|||
|
3 |
KARINI, S. Pd. |
IV / b |
VII C |
|
19700220 199702 2 003 |
|||
|
4 |
ANGGRAINI, S.Pd. |
IV / a |
VII D |
|
19700306 199803 2 005 |
|||
|
5 |
SITI KOMARIYAH, S.Pd. |
IV / b |
VII E |
|
19710527 199703 2 008 |
|||
|
6 |
Drs.SUCIPTO |
IV / b |
VII F |
|
19620702 199003 1 003 |
|||
|
7 |
MISTRI UTAMI, S.Pd |
III / c |
VII G |
|
19841129 200903 2 012 |
|||
- Kegiatan Pembelajaran (KBM)
Sehubungan dengan masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka sesuai petunjuk dari Disdikpora Kab.Trenggalek kegiatan pembelajaran dilakukan dengan DARING. yaitu kegiatan belajar menggunakan sarana Internet (WA, VIDIO atau yang lain);
Untuk itu diharapkan semua siswa memiliki HP Android.
- VISI SATUAN PENDIDIKAN
"BERIMAN DAN BERTAQWA, SANTUN, UNGGUL DALAM MUTU, KREATIF,
DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN ”
Indikator Visi:
1. Terwujudnya Timbul yang berkualitas, beriman dan bertaqwa.
2. Terwujudnya sekolah berpribadi sopan dan santun, juga berbudi pekerti luhur
3. Terwujudnya Kurikulum SMP Negeri 5 Trenggalek yang sesuai dengan standar isi dalam SNP.
4. Terwujudnya sarana prasarana yang berbasis teknologi informasi sesuai SNP
5. Terwujudnya sekolah yang mencetak siswa unggul dan kompetitif di bidang akademik atau non akademik.
6. Terwujudnya proses pembelajaran yang inovatif, efektif dan efisien
7. Terwujudnya budaya Managemen Berbasis Sekolah.yang tangguh
8. Pengembangan sistem pengembangan yang dibuat dan variatif.
9. Terwujudnya sekolah yang sehat dan berbudaya Lingkungan sebagai tempat pendidikan yang nyaman dan menyenangkan
G. CARA BELAJAR EFEKTIF
1. Tentukan Waktu
Cara belajar efektif di rumah yang pertama kali kamu harus menentukan waktu atau buat jadwal yang mirip seperti di sekolah. Tidak perlu sama terus, kok. Misalnya dengan menghabiskan waktu belajar pukul 08.00 sampai pukul 13.00.
Lalu, selama 5 jam belajar itu, bagikan lagi selama belajar untuk pelajaran yang berbeda dan jangan lupa waktu istirahat.
2. Rapikan Meja Belajar
Setelah menentukan waktu, lanjutkan dengan merapikan meja belajar. Makanya, momen ini pun bisa sekaligus kamu gunakan untuk ajang bersih-bersih dan membuang benda-benda yang sudah tidak diperlukan.
Dapatkan meja belajar kamu cukup luas dan lengang kamu bisa belajar dan berkreasi dengan bebas. Sediakan juga tempat sampah di dekat meja belajar.
Terakhir, jika perlu, Anda bisa menyiapkan tanaman hias atau akuarium kecil.
3. Cari Tahu Cara Belajar yang Sesuai
Cara belajar setiap orang berbeda. Ada yang senang belajar sambil mendengarkan musik, ada yang butuh ketenangan, ada pula yang senang sambil ngemil.
Nah, mencari tahu cara belajar yang sesuai dengan kamu ini bisa melepaskan kamu dari kantuk atau rasa malas yang menyerang. Dengan bersantai dan rileks, belajar pun bisa jadi lebih efektif!
4. Cari Media Belajar yang Tepat
Selain mendapat bahan-bahan belajar dari sekolah, selama BDR (Belajar Dari Rumah) kamu tentu harus tetap membekali diri kamu dengan media-media belajar lain yang tepat.
5. Belajar Bareng Teman
Dengan belajar bareng teman-teman melalui video, mungkin kamu jadi lebih senang. Rasa kantuk dan bosan pun pasti akan ada. Kamu bisa mengajak beberapa teman dan jangan lupa tentukan jadwalnya, ya.
6. Minum Air Putih
Selain menyiapkan tempat, waktu, dan materi pelajaran, kamu juga harus menyiapkan fisik kamu juga bisa tetap cocok selama belajar. Untuk itu, jangan lupa selalu sediakan air putih, ya, segera diperbaiki.
Tak hanya untuk konsentrasi, minum air putih minimal 8 gelas sehari pun bisa bikin kamu sehat. Kamu bisa menyiapkan air putih di botol minum enggak bolak-balik kompilasi belajar.
7. Olahraga
Cara belajar efektif di rumah yang terakhir dan enggak boleh dilewatkan dengan mudah. Kamu bisa melakukan olahraga ringan kompilasi jam istirahat. Cukup dengan meregangkan untuk meregangkan kaki, tangan, dan leher. Gunanya, teruskan badan kamu tetap bugar dan otak pun bisa terus berlanjut.
Dengan berolahraga, kamu pun bisa terus bersemangat selama belajar berlangsung alias enggak bikin ngantuk. Jadi, semangat ya!
Belajar beberapa cara efektif di rumah yang bisa kamu terapkan. Tetap tinggal di rumah dan jangan keluar jika memang enggak perlu banget ya, Ingat, kesehatan adalah segalanya. Tanpa tubuh dan jiwa yang sehat, kamu enggak akan bisa beraktivitas. Tetap semangat dan berdoa mendukung semua baik-baik saja, ya!
Materi Pengenalan Kurikulum dapat didownload di:










